Sebelum membahas lebih jauh lagi, boleh dong saya curhat sedikit mengenai hosting lebih tepatnya cerita pengalaman pribadi gitu deh.. dulu sekitar tahun 2008 an, pertama kali punya domain + hosting sendiri alias domain berbayar (ga pake yang gratisan lagi), senangnya bukan main, ada rasa bangga di hati.. ini loh gw bisa beli domain sendiri (padahal bukannya beli, tapi sewa). Tanpa pikir panjang langsung tekan kontrak selama 1 tahun.
Saat itu sengaja memilih server lokal/dalam negri, server yang berada di Indonesia istilah webhostingnya adalah Server IIX (iix) bukan 9 romawi, kalo yang artinya Indonesia Internet Exchange(IIX) alasannya sih biar lebih wuz..wuzz. gitu kalo di akses dari dalam negri.. karena memang waktu itu target pengunjungnya hanya untuk blogger lokal. Namun lain yang di harap lain pula yang di dapat…
Sekian bulan menggunakan hosting tersebut selalu saja ada masalahnyanya.. salah satunya lemoootttzzz banget kalo di akses (padahal memakai server lokal) kejadian itu selalu berulang-ulang, kadang ok, kadang parah.. karena masih baru dan awam, saya anggap itu bukan masalah serius.. (cuekin aja coooyy.. tar juga normal lagi sugesti pada diri sendiri). Saya mencoba bertanya dan mencoba menjawab sendiri sebuah pertanyaan.
Tanya : Apakah Kesabaran Manusia ada batasannya?
Jawab : Untuk ukuran manusia biasa seperti saya ADA. kesabaran itu ada batasnya, beda dengan Nabi dan Rasul pastinya.. walah malah ngelantur…
Karena servernya seringnya down pada hosting yang saya tempati, akhirnya dengan penuh emosi dan kesal mau maki-maki aja rasanya.. langsung coba cek ke CS nya, setelah menjelaskan ina ini… apa jawabannya, “nanti pak saya coba konfirmasi kebagian server”.. ah jadi males kalo begini, ada niatan untuk coba upgrade ke server luar (international), pas tanya-tanya bisa di upgrade dan di kenakan biaya tambahan.. ok lah saya setuju.. singkat cerita proses upgrade ke server SG (singapore) pun selesai.. baru-baru sih ok-ok aja nih.. lancar jaya, napa ga dari dulu aja ya pakai server luar.. hehehe (nyengir kuda).. tapi.. duh.. lagi..lagi.. pakai tapi nih.. kesenangan itu cuma beberapa bulan aja, selebihnya SAMA.. tetap terasa lambat untuk diakses (di bawah normal lah ya pastinya). Setelah itu sayapun KECEWA, KECEWA dan KECEWA.. lalu sayapun complaint via surel, karena di situsnya ga ada yang online saat itu.
Ini salah satu email complaint saya, benar-benar seperti cabai rasanya PEDASSS..:
selamat malam admin (nama layanan jasa hostingnya)..
sejak pertama kali buat hosting disini sampai sekarang ( sudah berbulan-bulan), saya tidak merasa nyaman atas layanannya. satu masalah yang sejak awal adalah saya ga bisa upload file besar LEBIH dari 5 MEGABYET. ( walopun bisa kadang-kadang, bahkan bisa di bilang suatu mukzijat), hal ini sudah saya tanyakan melalui YM (ID YM nya), dan beliau pun sudah menguji cobanya, dan hasilnya SAMA, dan KATANYA akan di laporkan ke bagian SERVER, nah sudah beberapa MINGGU, setelah saya coba upload lagi.. ternyata HASILNYA SAMA, TIDAK ADA PERUBAHAN. mohon segera di tanggapi, sudah hampir satu tahun situs saya menderita kek gini.. cape juga rasanya. antara menyesal dan tidak.
Kami Minta Maaf Atas ketidaknyaman ini.
Tolong Backup Data Bapak,... Agar kami createkan di server SG lainnya,.. karena hasil penyelidikan di server (nama servernya) hanya account bapak saja yang mengalami kasus seperti itu. Jadi kami ambil jalan lain dengan cara memindahkan account bapak ke server sg lainnya.
Jadi Tolong Backup dahulu data bapak,... agar kami delete di account lama dan kami create di server baru,...
Kabari kami jika sudah siap untuk di delete,.. atau jika sudah di backup
Terima Kasih
Nahkan.. pedes ga tuh kata-kata saya, emosi boo.. secara gitu masa sih satu tahun cuma untuk ngurusin hosting doank.. ngeblognya kapan.. dengandengan sisa masa kontrak yang masih ada akhirnya domain dan hosting itu pun saya tinggalkan begitu saja bak sampah yang tidak bisa di daur ulang sampai benar-benar hilang. Itu lah sepenggal pengalaman pribadi saya mengenai hosting dan sejenisnya.
Jangan salah ambil keputusan, baca terus sampai akhir artikel ini, semoga pengalaman saya diatas dapat memberikan manfaat untuk kita.
Hilang satu tumbuh seribu. Hilang domain satu, beli domain lagi dua.. hahaha.
Jika anda sedang mencari hosting murah dan domain murah?????, anda berada pada artikel yang tepat. Saya akan merekomendasikan anda pada sebuah webhosting anak bangsa yaitu IDWEBHOST.COM
[caption id="attachment_864" align="aligncenter" width="476"]
IDwebhost.com Trend Hosting Indonesia
Kenapa idwebhost, bukan yang lain???
Ini dia alasannya kenapa memilih idwebhost, idwebhost merupakan perusahaan yang berfokus pada jasa pelayanan hosting di Indonesia. Titik berat perhatian nya berada pada sisi layanan kepada pelanggan, dengan harga yang murah, seperti motonya idwebhost adalah 'Best Service at Affordable Cost'. (dengan pelayan terbaik dan memberikan harga yang terjangkau) idwebhost tidak main-main dalam mengutamakan pelayanan, tidak tanggung-tanggung idwebhost menyediakan 12 orang khusus untuk melayani customer / pelanggannya. Selain itu Alamat dan kantornya pun jelas keberadaannya (bukan FIKTIF).
Masih bingung untuk memilih kira-kira enaknya pakai server apa ya?? memakai server luar atau dalam negri??
Sedikit penjelasannya tentang server luar dan dalam negri :
Alasan kenapa memilih Hosting/menggunakan server Luar negri (US)
- Cepat diakses dari mana saja karena server Luar negri (US) karena pusat atau moyangnya internet ada disana.
- Pengiriman maupun penerimaan e-mail sangat lancar karena routing ke mail server cukup pendek.
- Mudah diakses oleh website – website crawler seperti Google, Yahoo, MSN, dan lain-lain
- Jika server luar diakses dari Indonesia akan berbeda hasilnya kalau kita menggunakan server Indonesia (server IIX), yang pasti lebih cepat di server indonesia, karena masih jaringan local.
Sedangkan alasan menggunakan server dalam negri atau Hosting di server Indonesia (IIX)
- Lebih cepat diakses jika dari dalam negeri (Indonesia) karena routingnya pendek.
- Tidak terpengaruh oleh kondisi konektivitas internasional dari ISP Indonesia yang digunakan pelanggan.
- Bandwidth internasionalnya relatif lebih kecil, karena bandwithnya kecil maka untuk pengiriman e-mail dengan attachment-attachment besar ke arah mail server di luar negri seperti Yahoo, Hotmail, Gmail, dan lain-lain sering ter-delay.
- Jika diakses dari luar negri, maka situs kita akan terasa lambat, karena lokasi servernya berada di dalam negri.
Lalu Pilih yang Mana?
Ga usah dibikin pusing mbak, mas, abang, akang … sebelum kita membeli/menyewa hosting sebaiknya tentukan dulu target pengunjung blog kita.. apa lebih focus ke dalam negri atau memang untuk kedua-duanya. Jika Anda lebih memfokuskan atau mementingkan kecepatan akses web dari dalam negeri, sebaiknya memilih layanan hosting server Indonesia (IIX). Dan jika Anda mengutamakan kecepatan akses dari seluruh dunia, sebaiknya pilihlah server hosting yang berlokasi di luar negri seperti US, SGP dan sejenisnya, mudah kan.
Bicara kualitas layanan??
Ini dia poin yang ga kalah pentingnya.. jika anda membaca tulisan saya di awal mengenai pengalaman pribadi, pastinya akan lebih hati-hati dalam memilah dan memilih. Katakanlah kita memakai Server di indoensia tapi bicara tentang kualitas pastinya berbeda dengan semua jenis hosting yang ditawarkan oleh penjual webhosting. bukan itu saja, customer service nya harus selalu online dan sigap dalam menghadapi keluhan pelanggan, IDwebhsot ini setelah saya coba cek ternyata customer servicenya masih online sampai pagi (berhubung mata udah ga kuat, niatnya sih pengen nyoba dan cari tau sampai kapan sih onlinenya.. :D
[caption id="attachment_869" align="aligncenter" width="170"]
Saran dari saya : jika anda sudah dapat memutuskan untuk membeli/menyewa hosting dan domain sebaiknya jangan ambil jangka waktu yang lama dulu, misalnya jangan ambil yang satu tahun, ada baiknya kita ambil yang bulanan saja dulu untuk mengetahui kualitas hosting tersebut, jika pelayanannya dan semua muanya baik menurut anda, baru deh perpanjang 1 tahun atau 2 tahun terserah anda. Namun jika pelayanan dan kualitas hostingnya kurang baik alias jelek, anda tidak akan merasa kecewa, karena toh Cuma beberapa bulan saja.
Akhir kata semoga review tentang webhosting ini dapat membantu anda.
Dulu sempat pakai IDwebhost, tapi Saya langsung pindah karena ada beberapa alasan.. Hosting Saya yg sekarang nyaman-nyaman aja..
BalasHapussayapun belum nemu hosting yang sempurna bang, baik yang lokal maupun interlokal (wekz.. kek wartel..), semua pasti ada masa-masanya, dimana server sedang UP ataupun DOWN, yang pasti jika server sedang down jangan terlalu sering dan terlalu lama aja.. itu bisa mer ubah image client.
BalasHapusBlog saya yang satunya (blog bersama) juga beli domain di IDwebhost, dan oke2 saja.
BalasHapushost yang saya pakai sekarang juga masih nyaman, saya rasa jika hosting buruk di support akan dengan sendirinya ditinggalkan
BalasHapuslengkap bener penjelasannya, hebring!
BalasHapussalam kenal :)
kayanya lagi ..ikut kontes ne...
BalasHapushttp://blogreview.idwebhost.com/
semua pada ngomongin idwebhost :D~
ane tetep di idwebspace.com aja de ^___^
wah.... id bagus nih... kebetulan selama ini saya masih menggunakan hosting gretongan..... thx infona.
BalasHapusYang personal cuma 1.000/bulan, murah banget ya!!!
BalasHapusCocok untuk orang seperti saya!!!
Salam kenal bro!!!
sama-sama, lam kenal juga
BalasHapussaya adalah mantan pengguna idwebhost mas bro. Emang mantab pelayanannya mas bro, saat ada masalah, mereka tanggap banget dan tidak mbulet.
BalasHapusNamun sayang, saya sudah meninggalkannya, karena tak kuat membayar angsuran tahunan alias posisi lagi kere jadinya blog ku mati.. Haha...apes...
Saya setuju dengan sarannya itu mas, pengalamanku, aku pernah nyoba di hosting teman ngeblog harian dan langsung ambil 1 tahun, namun ketika ada eror, saya dia nggak bisa dikontak, baik lewat blognya maupun hapenya. (milikku dulu dilarangngeklik.com-hostinge di blognya adipedia.com)
BalasHapusagan achoot... di tunggu postingan berikutnya :D~
BalasHapuskemaren pas ada diskon sy sewa domain disana.. He.. He!
BalasHapusSalam kenal kang :)
Mahal gan.. Cari yang murah + berkualitas aja... kayak punya ane.. :D
BalasHapuspengalaman lemot mot mot servernya n sering ngdrop
BalasHapusakhir taun ini pokoknya ganti hosting luar, dah cape pk host lokal kuamprettttt
HOSTINGAN ENDONESA BUOOSOOKKKKKKKK
BalasHapusDRPD PK HOST LOCAL MENDING PK HOST GRATISAN SEKALIAN
APALGI IWEBHOST TUH SPT DIATAS, HOSTINGAN EEKKK
HOSTINGAN BOSOK DIBILANG MURAH N TERBAIK WUAKAKAAKKKKKKKKKKKK
BalasHapusUDAH JELAS MAHAL GITU D BILANG MURAH, KL DOMAIN C EMANG MURAH, TP HOSTINGANNYA BOOOOOOOO MUAHALL BUANGETTTT N LAGIAN KUALITASNYA BUUOOSSOOKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK
WWUUAAAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKKKKK =)) NGAKAK :))
idwebhos gk beda ma hostingan gratisan
BalasHapusidwebhos gk beda ma hostingan gratisan ....
BalasHapusTREND HOSTING YG SANGAT JELEK TUH
BalasHapusLIAT AJA DI FANPAGE FB, ISINYA CUMAN KOAR2 SEMUA
najissss najisss duit gue ilang,,, order domain disini !! domain dapet engga ,duit melayang,, complaint masalah refund ?? pretttt segede ape jg duit yg lo tranfer ga bakal bisa balikkkm nyesek gue ,, order disitu !!!
BalasHapuscualitas cs nya payah !! jawabnya asal n copy paste tuh !!
yaaa liat ajee bisnis cara begitu mah,, apalagi tanpa denegr teriakan n seruan orang banyak,,,, n selalu merasa di atas angin,, huuuu bisa tinggal wassalam dah,,,,
thanks gan sudah mau berbagi ilmunya
BalasHapusMkasih nih informasinya salam kenal gan...
BalasHapusBagi newbie, idwebhost patut dicoba karena security disana cukup ketat, karena lupa password aja hrs minta scan ktp biar direset. klo buat yg advanced bikin puyeng gak sabar :D pengalaman pribadi
BalasHapus