Kali ini saya mencoba menyuguhkan tema atau judul Cara mudah menggunakan Google Font.. dulu sempat menulis cara mudah pasang cufon di blog, mungkin itu agak sedikit rumit, nah kali ini cukup simple, boleh dibilang sangat simple.. cepat dan mudah.
Font atau jenis tulisan atau model tulisan atau gaya tulisan apalah namanya yang pasti ini akan dapat membuat atau menambah style blog kita menjadi lebih menarik.
Entah ini barang baru atau udah lama, yang jelas saya baru tahu 2 hari yang lalu kalo google mengeluarkan variant baru tentang font Google Font API yang bisa di embed di blog atau website dari server google, dan font ini di sediakan secara gratis oleh GOOGLE,, saya tahu hal ini sewaktu mengedit template joomla, di menu tersebut ada pilihan use google font.. what thats mean?? pikir ku saat itu.. namanya juga ngedit, ya coba-coba aja.. setelah nyoba, oh ini toh.. ternyata hampir mirip dengan menggunakan cufon. xixixixi..
Sejak tulisan ini di tulis, jenis-jenis font yang di sediakan google masih sedikit, setelah saya hitung baru ada sekitar 18 jenis font, itu diluar dari variant yang ada disana.. ahhh.. sepertinya terlalu panjang lebar saya menulis.. ada baiknya jika langsung di praktekin..
Pertama, klik link ini, untuk memilih jenis font yang mau dipakai.. jika sudah ketemu dengan tulisan yang di rasa pas, klik aja di jenis font tersebut.
contoh kasus disini saya memilih jenis font Yanone Kaffeesatz karena kebetulan ini adalah font yang saya pakai saat ini. :) hehehe,, lihat gambar :
Jika sudah secara lengkapnya akan seperti ini :
Masukan script ini kedalam header.php
<link href='http://fonts.googleapis.com/css?family=Yanone+Kaffeesatz' rel='stylesheet' type='text/css'>
setelah kode di atas sudah tertanam di themes anda, saatnya anda bereksperiment di css. buka file style.css anda, kemudian silahkan edit sesuka hati anda, karena ini sama halnya seperti memasukan kode font normal lainnya, seperti georgia, arial, nah ada cukup mengganti atau menambah kan saja 1 nama font lagi yaitu font-family : Yanone Kaffeesatz kedalam css, masukan saja di H1, H2, H3, H4 dll.. di sesuaikan sesuai selera tentunya.
(ini hanya contoh)
h1 { font-family: 'Yanone Kaffeesatz', arial, serif; }Selain itu anda pun bisa menambahkan style lainnya, seperti menambah efek bayangan dan lain-lain..
Hayaah.. singkat banget nulisnya nih, kebetulan udah magrib.. waktunya mepet, padahal masih pengen basa-basi lagi.. tapia apa daya.. sampai sini dulu aja tulisannya, jika masih kurang di mengerti silahkan berkomentar, nanti insya allah akan saya jawab semampunya.
Cara ini telah saya uji coba di enggine wordpress, Akhir kata, selamat mencoba dan moga manfaat.
Wah kena sakit apa bos? Artikelnya keren bos..
BalasHapusudah tambah banyak variantnya ya Mas.
BalasHapussoru OOT, blognya makin keren aja kang... salam hangat
BalasHapusSakit dua cuaca boss, panas dan dingin.. :D
BalasHapusmungkin mas azhar, saya juga baru tau.. soalnya pas dapet udah ada 18 font inti dan beberapa variantnya..
BalasHapussalam panas dingin mas..
BalasHapuswah,,blognya mas bnyk bgt.blogger sejati nie :D
BalasHapusbagus2 pula
weksss... sampe juga kemari nih mas arafi.. xixixixi... jadi malu aq..
BalasHapussaya pernah coba,
BalasHapusdan load web ada perubahan
sedikit lambat sobat
wah keren banget nih artikelnya. saya coba dulu ya :D makasi
BalasHapuskeren nih.. pingin coba ah..
BalasHapusthanx ya mas...
kok gak ada perubahannya ya? apa yang salah??
BalasHapusudah di ikuti caranya kok..
oya, di header.php letakin di mananya? asal letak aja ya?
kode di sisipkan sebelum kode </head> trus beralih ke css, masukan nama font yang anda pakai ke dalam css tersebut, misalnya anda mau mengganti font untuk title biasanya ada di H1 dan H2, nah masukan nama font anda disitu..
BalasHapuswuahh bsa ganti font yg maknyus nih.. tp web browser safe font kan mas??
BalasHapusudah tambah byk ya font-nya...
BalasHapussoalnya kemaren mau nulis ttg ini, kok font-nya cm segitu..
eh ada yang tau g??
tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan google font ini??
yang aku tahu seh kekurangannya, yaitu blog jd agak lambat di buka...
biar lengkap gitu...
mas achoot silahkan tambahin kekurangan dan kelebihannya....
keren neh :)
BalasHapustapi beta ya , kalo mo ambil font'nya saja , gimana ya ?
ato mo pake font sendiri gimana caranya ya ?
thanks ya
Mantep. Experiment dulu ah...
BalasHapusMantabs. Buat joomla 1.5 sudah ada pluginnya tuh. coba tengok di joomla.org ini linknya http://extensions.joomla.org/extensions/style-a-design/typography/13373
BalasHapusKalo tidak lupa namanya HD G-Fonts.
makasih atas infonya.. semoga dapat membantu komentator yang lain.
BalasHapusHi, long time lurker here , just wanted to say how I'm a big fan of yours, but wish you would change your theme! You can get a free wordpress theme here, that's where I got mine.
BalasHapustersting
BalasHapuskang font google nanti pengaruh di loding ga ya
BalasHapuspengaruh kang.. kalo saya ambil fontnya yang sizenya kecil...
BalasHapusmas, kalo mau nambahin(adding) font sendiri gmn ya mas??
BalasHapusklo itu kan dari google ...
saya pake joomla 1.7 mas..
itu komentar dari cintabatik sepertimya sudah terjawab mas, atau barangkali mas bisa baca artikel yang ini : http://achoot.com/cara-mudah-pasang-cufon-di-blog.php
BalasHapusterima kasih...sangat membantu saya yang masih belajar...semoga ilmu yang nada miliki bertambah, agar saya dapat dibagi...
BalasHapusamiin, makasih atas doanya..
BalasHapus