Memilih VGA Card itu sebenernya menurut ane gampang-gampang susah, gampang kalo ada dana nya, cukup pilih VGA kleuaran terbaru beres, ga pake ribet, nah masalahnya kita mau beli VGA dengan dana yang minim plus pengetahuan seputar VGA yang minim pula. Harus jeli pilah pilih VGA yang murah tapi berkualitas.
Core Clock GPU pada VGA
Sebelum perkenalkan dulu GPU pada VGA Card itu apa? Kepanjangan dari GPU adalah Graphics Processing Unit (Unit Pengolahan Grafis/memproses penggunaan grafik).
Karena gpu pada VGA Card ini bisa di artikan inti/otak yang tertanam di dalam sebuah vga card, jadi bagian ini wajib bagus peformanya. untuk melihat bagusnya, perhatikan nilai core clock GPU nya, semakin tinggi nilai/angkanya tentu semakin bagus, sama seperti cpu (processor), semakin tinggi nilai clock nya tentu semakin cepat.
Memory Size VGA
Hal kedua yang perlu diperhatikan dalam memilih VGA Card adalah memory sizenya, semakin besar memori size vga nya, tentu juga semakin baik akslerasinya terutama untuk mengolah gambar resolusi besar, lalu perhatikan juga tipe memori yang dipakai pada vga tersebut, apakah DDR2, DDR3, atau DDR5.
Untuk pc gaming, tentu lebih baik yang DDR5, karena type memory VGA tertinggi untuk saat ini adalah DDR5. Type memory DDR5 ini memiliki kecepatan berkali lipat dari pada yang tipe DDR2 atau DDR3. Semakin besar type memory nya tentu akan semakin mahal harganya.
Selain memory size jangan lupa perhatikan juga clock memory nya, semakin tinggi clock memory VGA Card tersebut tentu semakin bagus, karena memory vga yang berclock tinggi normalnya akan bekerja lebih cepat. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah buswidth (Memory Interface) atau bit (bukan byet) pada VGA Card nya berapa bit, semakin tinggi nilai bit pada VGA Card akan semakin bagus karena ini mempengaruhi kecepatan akses vga tersebut. Memory Interface (BIT) yang ada pada VGA Card diantaranya : 32, 64, 128, 192, 256, 384 bit. Semakin besar nilai bit nya tentu akan semakin mahal harganya.
Teknologi Yang Tertanam Pada VGA Card
Teknologi VGA Card dari Nvidia untuk bermain gami(gaming) itu harus sudah berteknoligi seperti CUDA, PhysX, DirectX 11, dan yang lain seperti 3D Vision, 3D Surround dan SLI. Sedangkan untuk VGA Card dari AMD (ATI RADEON) ada teknoligi yang namanya amd eyefinity, amd app acceleration, DirectX 11, juga AMD CrossFire.
Tulisan diatas lebih ditujukan ke pengguna yang sediktnya sudah mengerti tentang komputer dan motherboard. Karena tulisan diatas hanya intinya saja, masih banyak yang perlu diperhatikan selain 3 poin diatas, misalnya motherboard nya support atau tidak jika menggunakan VGA Card terbaru, lihat juga slot vga nya PCI atau PCIe dan hardware-hardware penunjang lainnya. <strong>Karena komputer itu satu sama lain saling menguatkan</strong> jadi jangan hanya 1 atau 2 yang di jadikan patokan dasar dalam memilih VGA Card, lihat juga komponen-kompenen yang lainnya. seperti misalnya VGA Card anda sudah keluaran terbaru dan mahal yang orang lain belum ada yang punya, cuma anda aja yang punya. tapi anda masih memakai RAM 512MB, tentu hal itu tidak akan bisa berjalan dengan baik bukan.
Untuk pemakaian standar PC dan semi gammer spek berikut seperti nya sudah lebih dari cukup menurut saya dari harga pun tidak terlalu mahal:
Core Clock GPU pada VGA
Sebelum perkenalkan dulu GPU pada VGA Card itu apa? Kepanjangan dari GPU adalah Graphics Processing Unit (Unit Pengolahan Grafis/memproses penggunaan grafik).
Karena gpu pada VGA Card ini bisa di artikan inti/otak yang tertanam di dalam sebuah vga card, jadi bagian ini wajib bagus peformanya. untuk melihat bagusnya, perhatikan nilai core clock GPU nya, semakin tinggi nilai/angkanya tentu semakin bagus, sama seperti cpu (processor), semakin tinggi nilai clock nya tentu semakin cepat.
Memory Size VGA
Hal kedua yang perlu diperhatikan dalam memilih VGA Card adalah memory sizenya, semakin besar memori size vga nya, tentu juga semakin baik akslerasinya terutama untuk mengolah gambar resolusi besar, lalu perhatikan juga tipe memori yang dipakai pada vga tersebut, apakah DDR2, DDR3, atau DDR5.
Untuk pc gaming, tentu lebih baik yang DDR5, karena type memory VGA tertinggi untuk saat ini adalah DDR5. Type memory DDR5 ini memiliki kecepatan berkali lipat dari pada yang tipe DDR2 atau DDR3. Semakin besar type memory nya tentu akan semakin mahal harganya.
Selain memory size jangan lupa perhatikan juga clock memory nya, semakin tinggi clock memory VGA Card tersebut tentu semakin bagus, karena memory vga yang berclock tinggi normalnya akan bekerja lebih cepat. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah buswidth (Memory Interface) atau bit (bukan byet) pada VGA Card nya berapa bit, semakin tinggi nilai bit pada VGA Card akan semakin bagus karena ini mempengaruhi kecepatan akses vga tersebut. Memory Interface (BIT) yang ada pada VGA Card diantaranya : 32, 64, 128, 192, 256, 384 bit. Semakin besar nilai bit nya tentu akan semakin mahal harganya.
Teknologi Yang Tertanam Pada VGA Card
Teknologi VGA Card dari Nvidia untuk bermain gami(gaming) itu harus sudah berteknoligi seperti CUDA, PhysX, DirectX 11, dan yang lain seperti 3D Vision, 3D Surround dan SLI. Sedangkan untuk VGA Card dari AMD (ATI RADEON) ada teknoligi yang namanya amd eyefinity, amd app acceleration, DirectX 11, juga AMD CrossFire.
Tulisan diatas lebih ditujukan ke pengguna yang sediktnya sudah mengerti tentang komputer dan motherboard. Karena tulisan diatas hanya intinya saja, masih banyak yang perlu diperhatikan selain 3 poin diatas, misalnya motherboard nya support atau tidak jika menggunakan VGA Card terbaru, lihat juga slot vga nya PCI atau PCIe dan hardware-hardware penunjang lainnya. <strong>Karena komputer itu satu sama lain saling menguatkan</strong> jadi jangan hanya 1 atau 2 yang di jadikan patokan dasar dalam memilih VGA Card, lihat juga komponen-kompenen yang lainnya. seperti misalnya VGA Card anda sudah keluaran terbaru dan mahal yang orang lain belum ada yang punya, cuma anda aja yang punya. tapi anda masih memakai RAM 512MB, tentu hal itu tidak akan bisa berjalan dengan baik bukan.
Untuk pemakaian standar PC dan semi gammer spek berikut seperti nya sudah lebih dari cukup menurut saya dari harga pun tidak terlalu mahal:
- Core Clock nya minimal 650MHz keatas
- Memory Clock minimal 1Gb Keatas
- Memory Size VGA minimal 1GB Keatas
- Memory Interface/buswidth minimal yang 128BIT
0 komentar:
Posting Komentar