Dari berbagai info yang saya ikuti selama ini, definisi Web2.0 sebenarnya masih belum baku. Sudah terlalu banyak diskusi untuk mendefinisikan mahluk ini. Ada versi programmer, versi marketer, dan versi lain. Kalau Anda tanya programmer apa itu Web2.0, mereka bicara panjang lebar dan kemudian merujuk pada Ajax dan Web Services. Bagi marketer, web2.0 hanyalah sebuah buzzword dari makin beragamnya user experience. Bagi mereka yang anti-Microsoft, itu bermakna mengganti desktop sebagai computing platform. [sumber : http://virtual.co.id/blog/terminologi/apa-itu-web20/]
3 hari ngacak-ngacak themes yang awalnya memang sudah bagus serta versi premium pula ( tapi saya dapetnya gratis nih..), maksud hati ingin mencoba membuat agar blog ini menjadi Valid XHTML dan Valid CSS, dan akhirnya tercapai juga, walopun banyak yang harus di korbankan dibuang karena dengan tampilan yang seperti sekarang ini ada banyak kode yang memang ga kepakai, blog ini sengaja tidak menampilkan gambar di halaman depan, maksudnya sih biar ga bikin berat loadingnya, lah wong ga pake gambar aja lama, apalagi pakai gambar.. Mengenai css saya banyak belajar dari w3schools sedangkan untuk mengetahui penyakitnya atau kesalahannya dimana dan kenapa tentang xhtml saya belajar manual di kediamannya Web Design Group. Themes ini buatan dari solostream di kasih merk wp-chatter. Karena belajar tanpa guru yang pada akhirnya themes ini telah dirusak oleh saya (sungguh tragisssss.. padahal yang buat themes ini bikinnya ga sekali jadi.. :))
Dasar themes ini sebelumnya memang sudah valid xhtml tapi css nya belum, karena banyak memakai code
-moz-border-radius, -webkit-border-radius, text-shadow dan sodara-sodaranya yang lain
yang menurut pengamat w3c kode tersebut masih belum di akuisisi untuk CSS level versi 2.1, dan ada pengecualian di tingkat CSS level 3 nya (mungkin) maklum masih dalam tahap belajar nih oom. Karena saya dari dulu, sejak kenal dengan yang namanya validator (emang gw pikirin), tiap memilih themes selalu menimbang-nimbang, baik dari segi kevalidannya maupun dari segi tampilannya, pilihan pertama haruslah FIXED WIDTH, kalo ga fixed.. duh rasanya gimana gitu ngeliatnya.. kurang mantaf aja... apalagi sebagain besar pengguna internet menggunakan layar monitor ukuran 1024x768 px.. tul gaaa??
Yah.. Sekian saja tulisan pelepas lelah ini, kedepannya saya akan terus berusaha untuk memantau blog ini dari gangguan syaiton dan jin agar selalu valid (mudah-mudahan bisa), dan tulisan ini tidak akan berlaku lagi jika themesnya di ganti dan banyak yang error. Akhir kata... salam sukses untuk para pembaca.
Waw, themenya luar biasa mas. Bagus.
BalasHapussemangat ngedit2 nya :) emang butuh usaha untuk mengedit2 template
BalasHapusSelamat karena dokumen anda telah valid XHTML 1.0 Transitional. btw apakah akan terus dioprek hingga valid XHTML 1.0 Strict?
BalasHapushehe..
untuk valid XHTML 1.0 Strict, lum tau juga deh mas ardian.. pengennya sih gitu.. liat nanti aja deh.. hehehe.. thx atas infonya, padahal saya lum sempat ngecek sampai situ..
BalasHapusGagal validate nih errornya sampe 40-an hahahahahaha ( :malu ). Emang ngaruhnya ke mana sih kalo ga lolos validasi? Abis males ngebenerin 40 biji masaoloh...
BalasHapusGa perlu djadiin beban mas, yang penting mah semangat ngeblognya. Baru error 40 sih masih sedikit mas, saya pertama kali cek, sampai 97an,dan yang warningnya sekitar 189an..
BalasHapuskalau blog saya masih banyak yang error, terutama pada penerapan rgb color dan css3, serta penggunaan image. But, saya nggak mau banyak ambil pusing.....
BalasHapusHahahaha terimakasih, saya jadi lebih tenang sekarang :D
BalasHapuswah, kayagnya saya harus banyak belajar dari si bro dhe. gue bener2 buta soal CSS , xhtml , php. bisanya hanya html basic dan katanya itupun beda dengan xhtml. paling enak kalau ada mentor yang udah ngerti yang ngajarin ha ha ha
BalasHapusmoga amal ibadahnya diterima.. :)
BalasHapussetuju mas, dibawa santai aja.. disesuaikan dengan keperluan.
BalasHapus==
Makasih sudah mampir kesini.
gonta-ganti theme apa gak salah nie bro ?? bagusan yang kemarin lho...
BalasHapusaku bener-bener ndak ngerti yang beginian mas.. hehe..
BalasHapuskapan2 diajarin lah.. :D
Kalau boleh kritik tentang theme ini.
BalasHapusSaya rasa kalau dari warna dan konsep tidak ada masalah terlalu subyektif. Jika memang anda lebih menyukai fixed width daripada fluid width.
Beberapa yang mengganggu adalah penggunaan efek mouseover di hampir semua bagian (post dan komentar). Jujur hal tersebut justru menyulitkan saya untuk membaca konten yang ada. Mungkin memang bertujuan untuk memfokuskan pada tulisan/konten. Masalahnya, saat saya sedang membaca, saya 'harus' mengarahkan pointer mouse tepat di atas konten. Nah bagaimana kalau lagi enak-enaknya membaca tiba-tiba pointer mouse bergeser?
Satu lagi, kotak komentar ini memiliki ukuran font yang besar tetapi kotaknya kecil. Kurang nyaman digunakan.
saya malah belom tahu tentang web 2.0 ini sobat...
BalasHapuspadahal juga pake wordpress,tp baru belajar.
maturtengkiyu infonya sobat..
saya senang dapat komentar seperti ini, komentar yang membangun dan terima kasih atas masukannya yang bermanfaat ini, saya akan berusaha lebih baik lagi..
BalasHapusBagus mas desainnya. saya suka shadow nya.. :grin:
BalasHapusTapi saya sedikit kurang suka dengan warna ungunya.. serasa gimanaa gitu ada warna ungu diatas grayscale :)
He he he... betul juga, tulisan ini bisa jadi pelepas lelah tapi mengundang mumet... Salam kenal.
BalasHapusI keep listening to the news broadcast talk about getting boundless online grant applications so I have been looking around for the top site to get one. Could you advise me please, where could i find some?
BalasHapus